berita terkiniUlasan

Eks Tukang Lipat Parasut Persembahkan Dua Medali Emas di Asian Games 2018

Motionupdate.com, BOGOR – Nama Jafro Megawanto langsung terkenal di Tanah Air, ketika lelaki ini berhasil menyumbangkan medali emas untuk Bumi Pertiwi, dari nomor Akurasi Tunggal Putra di Cabang Olahraga Paralayang Asian Games 2018, di arena paralayang Gunung Mas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/8/2018). Cabang Olahraga Paralayang sendiri baru pertama kali masuk dalam gelaran Asian Games.

Ada hal menarik dari sosok Jafro Megawanto, atlet Paralayang Indonesia penyumbang 2 (dua) medali emas di Asian Games ke-18 yang berlangsung di Indonesia tahun ini. Jika menilik masa lalunya, tentu banyak yang takkan menyangka. Karena masa lalu Jafro merupakan tukang lipat parasut Paralayang.

Ia menjalani profesi ini sejak usia 13 tahun. Dalam sekali melipat parasut tersebut, Jafro akan diupahi Rp 5000. Namun dalam menjalani profesinya ini, justru pada akhirnya Jafro memiliki kesempatan untuk mempelajari olahraga Paralayang.

Setelah dua tahun menjadi tukang lipat parasut atau yang biasa disebut Paraboy, Jafro kemudian diajak untuk ikut latihan olahraga Paralayang. Hal ini berawal dari manajer tim Paralayang bernama Yosi Pasha, yang membujuknya bergabung dalam latihan. Tentu saja tawaran tersebut tidak disia-siakan Jafro.

Pada usia 15 tahun, Jafro pertama kalinya menjajal olahraga paralayang. Sejak saat itulah Jafro berjuang pada cabang olahraga tersebut, dan turut mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Sebelum dipilih menjadi salah satu atlet mewakili Indonesia di Asian Games 2018, pria kelahiran Malang, Jawa timur ini telah mengukir banyak prestasi. Jafro diketahui pernah meraih Juara 1 Paralayang Trip of Indonesia tahun 2017. Kemudian Juara 1 Paragliding Accuracy World Cup 2018 seri Kazakhstan tahun 2018.

Jafro pun mengantongi peringkat ke-5 dunia versi World Air Sports Federation per Juli 2018. Lalu, peringkat ke-2 Paragliding Accuracy World Cup Tour 2018 per Juli 2018. Bravo Jafro! Teruslah berprestasi Sobat, dan kibarkan terus Merah Putih di angkasa!

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close