berita terkiniModaNiaga

Hyundai Selesaikan Uji Coba Truk Otonom Level 3 di Jalan Bebas Hambatan

Motionupdate.com, SEOUL – Hyundai Motor menjadi produsen pertama di Korea Selatan yang bisa menyelesaikan proyek kendaraan otonom di highway dengan menyelesaikan perjalanan truk otonom level 3 di jalan bebas hambatan.

Hyundai Xcient yang membawa kargo melahap jarak sekitar 40 kilometer di jalan bebas hambatan dari Uiwang menuju Incheon. Truk otonom ini menyelesaikan perjalanan selama 1 jam tanpa melanggar batas kecepatan maksimal 90 km/jam.

Dalam proses pengujiannya, dengan ukuran yang lebih Panjang 3,5 meter, lebih lebar 1,4 meter dan lebih berat 9,2 kali jika dibandingkan dengan sedan kecil. Truk ini membutuhkan sistem navigasi otonom yang lebih canggih  dan detail.  Hyundai Motor sendiri mengaplikasi sejumlah sensor seperti yang dimilki oleh sedan otonom, ditambah sensor sudut dan belakang trailer.

Sebanyak 10 sesnsor berbeda, termasuk 3 kamera depan dan samping-belakang, 2 radar depan dan belakang, 3 Lidars di depan dan samping, dan 1 sensor sudut di trailer coupler (penggandeng trailer) menghitung pengubahan sudut antara truk dan trailer secara real-time, yang membuat truk melaju dengan stabil saat menikung tajam.

Kemudian, masing-masing sensor bekerja dengan peta HD dan mengirimkan informasi ke modul control elektronik untuk mengumpulkan data. Modul ini diklaim bisa membuat keputusan yang tepat untuk setiap situasi, mengendalikan kecepatan, kemudi dan pengereman.

Sebelumnya, Hyundai Motor sudah menyelesaikan level 4 dengan menggunakan Hyundai Ioniq di jantung kota Las Vegas pada 2017. Perjalanan Seoul ke Pyeongchang dengan level 4 NEXO dan Genesis G80 selama Pyeongchang 2018 Olympic Winter Games.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close