berita terkiniModaSepeda

Yuk Isi Liburan dengan Menyewa Sepeda Tua di Kota Tua

Motionupdate.com, JAKARTA – Hari libur di pertengahan tahun 2018 ini memang terasa panjang. Terutama buat mereka yang masih berstatus pelajar sekolah. Usai libur hari Raya Idul Fitri 1439H, dilanjut liburan sekolah. Membuat banyak orang mengajak anggota keluarganya mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada.

Salah satu destinasi wisata ternama di Jakarta adalah Kawasan Kota Tua. Ada beragam hal menarik di area wisata kota tua yang berada di sebelah utara kota Jakarta ini. Misalnya saja deretan manusia patung khas Kota Tua yang mejeng di beberapa titik lokasi wisata. Lalu ada Ondel-ondel, boneka khas Betawi yang umumnya berpostur tinggi besar. Serta adapula perempuan cantik yang berdandan dan berpakaian bak putri raja. Para pengunjung pun bisa foto bareng dengan mereka.

Selain itu di sejumlah sudut di Kawasan Kota Tua tampak pula para pembuat tato temporer dan permanen. Serta pelukis dengan hasil gambar yang berwarna hitam dan putih. O iya, ada satu lagi yang tak kalah menarik, yaitu jasa penyewaan sepeda. Yes, banyak orang menyebutnya sepeda Ontel, karena bentuknya yang klasik khas sepeda jaman dulu. Saat sering dipergunakan di jaman penjajahan Belanda atau Jepang.

Sepeda Ontel kiranya menjadi salah satu daya tarik pengunjung yang singgah ke Kota Tua. Sejumlah wisatawan sengaja datang menyambangi lokasi pelancongan tersebut, untuk sekadar berfoto menunggang sepeda, mengelilingi halaman museum-museum tua. Sepeda Ontel juga tak jarang disewa untuk menjadi properti foto pre-wedding atau potret profil lainnya.

Memang, popularitas sepeda Ontel di kawasan Kota Tua semakin meningkat ketika masuk musim liburan. Wisatawan semua usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua, rela mengantre untuk menyewa sepeda Ontel. Ada beragam pilihan warnanya, dimana rata-rata memiliki warna mencolok. Seperti merah muda, biru, hijau dan ungu. Namun ada pula yang berwarna klasik seperti hitam dan putih.

Lantas, berapa harga sewa sepeda Ontel di Kota Tua? Ternyata baik itu musim liburan maupun hari kerja, tak ada perbedaan harga sewanya, yakni Rp20 ribu/30 menit. Dalam durasi 30 menit, pengunjung bisa berkeliling ke sejumlah museum, seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum Keramik dan Museum Wayang.

Bila ingin mengeksplorasi kawasan Kota Tua lebih lanjut, pengunjung juga bisa menyewa dalam durasi 2 jam. Per 2 jam, harga yang dibanderol adalah Rp70 ribu. Keuntungannya, wisatawan akan diantar pemandu khusus, untuk bersepeda mengelilingi kawasan lingkar luar Kota Tua. Meliputi Museum Mandiri, Museum Bank Indonesia sampai Museum Bahari.

Saat menyewa sepeda, wisatawan akan memperoleh pinjaman topi gratis. Ada topi kompeni, ala prajurit Belanda di jaman dahulu. Tersedia pula topi pantai bulat yang beraneka warna. Pengunjung pun bisa meminjam lebih dari satu topi, alias tidak dibatasi jumlahnya, saat sekali menyewa sepeda Ontel. Wah seru banget ya…

Foto : Istimewa

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close